Peranggaran
1. Pengertian Anggaran
Anggaran merupakan suatu perencanaan yang terinci dalam bentuk kuantitatif yang menunjukkan bagaimana sumber daya yang diperoleh dan digunakan dalam suatu periode tertentu.
Anggaran Perusahaan merupakan kegiatan dalam menghasilkananggaran serta proses kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi budget seperti fungsi pedoman kerja, alat pengkoordinasian kerja dan alat pengawasan kerja.
2. Jenis-jenis Anggaran
> Berdasarkan ruang lingkup dan investasinya yang terdiri dari :
- Anggaran Parsial
- Anggaran Konprehensif / menyeluruh
> Berdasarkan fleksibilitasnya yaitu yang terdiri dari :
- Anggaran tetap (untuk periode/volume tertentu)
- Anggaran Kontinyu / berdasarkan volume yang akan di produksi pada masa yang kan datang
> Berdasarkan periode waktu yang terdiri dari :
- Anggaran jangka pendek
- Anggaran jangka panjang
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi anggaran perusahaan
a. Faktor pemasar
b. Faktor keuangan
c. Faktor Ekonomis
d. Faktor teknis
e. Faktor lainnya
4. Pengertian Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan merupakan anggaran pertama yang dibuat oleh perusahaan, pada umumnya menggambarkan penghasilan yang akan diterima karena adanya penjualan.
ü Metode Penjualan
1. Metode Free Trend Moment
2. Metode Trend Moment
Rumus :
Sy = n.a + b.x
Sxy = a. Sx + b. Sx
Y = a+ b(x)
5. Forecast penjualan (Peramalan Penjualan)
Peramalan penjualan adalah perkiraan pada suatu waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data-data yang pernah terjadi atau mungkin akan terjadi.
Teknik umum forecasting untuk mengelompokkan peramalan penjualan, yaitu : peramalan penjualan secara kualitatif / berdasarkan pendapat ; peramalan penjualan berdasarkan metode kuantitatif atau statistik dan matematik ; Analisis Trend ; peramalan dengan metode-metode khusus.
ü Metode peramalan berdasarkan analisis / perhitungan statistik :
1. Analisis Trend
- Trend bebas
- Trend setengah rata-rata
- Trend matematis
2. Analisis Growth
3. Analisis regresi
4. Analisis dengan teknik-teknik khusus
6. Anggaran Produksi
Anggaran produksi adalah skedul terinci yang mengidentifikasi produk atau jasa yang harus dihasilkan / disediakan untuk meraih penjualan yang dianggarakan dan kebutuhan persediaan.
Tujuan penyusunan anggaran produksi adalah untuk mencapai tingkat keuntungan tertentu ; untuk menguasai pasar ; supaya pabrik bekerja pada tingkat efisien tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi anggaran produksi :
a. Anggaran penjualan
b. Kapasitas pabrik dan peralatan pabrik yang tersedia termasuk teknologi yang digunakan
c. Tenaga buruh termasuk rekrutment, pelatihan, penempatan, pengupahan, dan pemutusan hubungan kerja
d. Bahan baku termasuk teknik transportasi dan perdagangan
e. Modal kerja untuk menjalankan proses produksi